Tips Memelihara kelinci

yang hobby banget ama kelinci aku mau bagi tips nig,, gimana cara memelihara kelinci yang sehat n gak gampang sakit...
Tips Memelihara kelinci sengaja aku share karena sesama aku sayang banget kalo ada hewan yang namanya kelinci dibeli terus akhirnya sakit dan mati.... they so cute... sayang banget kan... so coba kamu ikuti tips aku yang bermanfaat ini yaaaa




-Pilih saat beli..........
penting banget loh itu... pas kamu udah keranjingan ama si cute ini bawaannya pengen beli n elus-elus terus... nah kalo mau sukses meliharanya pilih juga saat belinya.... yang pertama jangan beli kelinci yang terlalu kecil usia 2 minggu atau 1 bulan... emang sih umur-segini ini pas lucu-lucunya,,, tapi kalo kamu masih amatir sebaiknya jangan beli bunny nya... paling nggak yang udah usia diatas satu bulan. karena kalo kelinci kamu beli masih terlalu kecil ntar malah mati gara-gara gak bisa ngerawatnya... yang kedua kalo emang kamu udah bener-bener cinta ama kelinci yang masih kecil,, ok lah.. beli ajah.. tapi kalo bisa pilih yang tulang belakangnya kuat,, caranya tinggal raba punggung kelinci ,, ini bisa tau kelinci itu gesit n kuat apa enggak,, tergantung dari punggungnya dan lihat bagian kelamin kelinci,, anus kelinci yang kotor udah sebuah tanda kalo kelinci itu lagi sakit, so jangan di ambil

- Kandang yang pass....
maksudnya ,, kalo udah niat beli, kamu harus juga siapin rumahnya... pilih kandang dalam atau luar,, kalo kandang luar usahakan jangan yang nempel ditanah,, tapi pilih kandang tang agak tinggi, ini bisa mengantisipasi kelinci dari banyak penyakit dan gangguan,, udahakan kandang kuat dan gampang dibersihkan. jangan buat kelinci kamu jadi gak nyaman,, pembersihan kandang setiap hari !

- Makanan yang cocok...
kalo makanan buat kelinci lebih cocok pelet kering,, jangan keliri pelet buat ikan yeee!! :p dan jangan terlalu sering kasih makan kelinci dengan sayur segar,, apa lagi pada waktu kelinci masih kecil,, bisa buat kelinci sakit dan mati... karena mencret. ,, untuk makanan lainnya bisa dengan rumput, kulit jagung dan tanaman rumput kusus binatang ternak... minum juga begitu jangan beri minum kelinci melalui baskom, wadah atau mangkuk, karena bahaya,,, beri saja minum dengan tampat minum khusu kelinci ,, bisa di beli di petshop... jangan lupa ganti minuman tiap hari.

- Penyakit apa sih.....!!!
kalo kupingya ada kutu, biasanya gatal dan bersisik, beri aja serbuk belerang...
kalo mencret, kasih minum gula merah cair dan sedikit garam,
kalo gatal2 beri dia minyak nabati
kalo pilek, segera bawa ke dokter hewan.

- Kebiasaan
kalo kelinci kamu jenis anggora, american, atau fuzzy, atao lyon,, biasakan cukur bulunya,, biar kebersihannya pun terjaga.
ajak sesekali kelinci jalan di luar rumah,, biarin dia lompat atau lari,, tungguin,, n jangan ditinggal....
hal ini bisa buat kelinci lincah dan tidak pemalu... kelinci juga utuh refresing kayak kita... :D

Moga tips merawat kelinci di atas berguna yaaa....... see u

1 komentar:

Populer Miki

 

Miki Blog © 2012 | Designed by Cheap Hair Accessories

Thanks to: Sovast Extensions Wholesale, Sovast Accessories Wholesale and Sovast Hair